Powered By

Powered by e-banjar

Kamis, 04 Desember 2008

Koperasi “BaleSekaa On Line“ Reformasi

Koperasi “BaleSekaa On Line“Reformasi
Suatu Konsep Pemikiran dari Tim Sanggar Tematika


Kesan yang muncul saat orang berbicara tentang Lembaga Koperasi , Apa yang akan telintas dibenak banyak orang ...atau Pemikiran Anda ...??? Sepintas tercipta kesan /image seperti Manajemen Tidak Profesional, SDM rendah , Terbelakang Teknologi, tidak memiliki System dan Manajemen Yang jelas, hanya menunggu uluran tangan Pemerintah memberikan bantuan, serta gambaran SDM yang sangat kurang memadai , bahkan lontaran / anekdot / plesetan kepanjangan Koperasi seperti Ketua Untung Duluan dsb .
Sesungguhnya Titik lemah Koperasi berawal saat mulainya ide/ gagasan Pembentukan tidak matang, seperti biasa ada Konsep Manajemen 4H + 1 W, dan ada Analisa SWOT ( Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Hambatan ). Juga tidak kalah pentingnya saat perekrutan anggota, kurang dipahami bahwa Koperasi adalah kumpulan Orang dengan konsep kebersamaan dan kekeluargaan. Semestinya bidang usaha yang akan dilaksanakan atau dijalankan adalah sesuai dengan kebutuhan dan kondisi anggota, sehingga mereka bisa dapat memanfaatkan jasa Layanan Koperasi dengan efektif. Kenyataan dilapangan sering terjadi setelah teraftar menjadi anggota Koperasi mereka tidak aktif memanfaatkan Jasa Layanan Koperasi dan memberi masukan / saran untuk kemajuan Koperasi. Dan yang lebih ironis disaat rapat anggota / tahunan berusaha untuk memojokkan Pengurus dengan ada maksud untuk menggusur Pengurus atau Pengelola Koperasi. Permasalahan juga di Lapangan Pengurus dan Pengelola Koperasi banyak dijalankan secara kurang Profesional dan Kurang serius. Pengelola sepertinya tidak ada kebanggaan menjadi Pengelola dan Pengurus Koperasi.
Disisi lain gambaran trend yang berkembang sekarang adalah maraknya perkembangan Teknologi, khususnya teknologi HP, Komputer dan Jaringan yang mana Teknologi ini sangat mendukung Teknologi Informasi dalamPemanfaatan Internet. Banyak Kalangan Masyarakat, baik Pegawai, Siswa dan masyarakat kebanyakan sudah mempunyai perangkat Komputer LAPTOP, memang saat ini masih bersifat trend, tapi nantinya akan menjadi kebutuhan banyak menunjang didalam banyak aspek kehidupan, anak-anak muda dan kaum Pendidikan .
Fakta yang ada dilapangan bagaimana persaingan antar operator Telepon, dan juga dibidang Internet tanpa kabel merebut pelanggan dengan menawarkan berbagai kemudahan dan service layanan serta persaingan harga yang tidak terelakan. Untuk Telepon rumah/ telepon kabel Telkom telah meluncurkan Internet kecepatan Tingggi melalui Speedy, tentunya hal ini akan merubah Budaya masyarakat khususnya Generasi muda dan yang melek Teknologi dalam hal mencari Informasi , berpromosi secara imbal balik.
Menyikapi kondisi diatas, kami dari Sanggar Telematika , Kelompok Informasi Masyarakat ( KIM ), mencoba untuk merangkai dari Permasalahan yang ada dan dari tren yang berkembang , bahwa untuk menyikapi situasi diatas, kami membuat terobosan akan mereformasi dan menyempurnaan Koperasi Citra Yowana, yang selama ini berjalan tidak sesuai harapan Pencetus Ide/ gagasan, karena tidak didukung oleh SDM yang memadai. Dan juga bisa diperkenalkan bahwa Badan Hukum Koperasi juga bisa bergerak mengikuti perkembangan Teknologi, dan bisa mengikuti Trend kebutuhan masyarakat Lokal, Nasional dan Global, khususnya dalam bidang Teknologi Informasi..
Gerakan Koperasi “BaleSekaa On Line” nantinya akan merangkul anggota baik Pelaku Usaha ( UKM ), Para Profesional seperti Dokter, Pengacara, LSM yang membutuhkan layanan Informasi dan Promosi melalui Website, Blog, Banner dari Jasa atau produk yang mereka hasilkan sering mengalami kendala dalam hal Pemasaran ( Aspek Pasar ), keberadaan Koperasi Reformasi On-line ini akan menjembatani dan membantu memasarkan dan menjadi mediatior menginformasikan melalui Teknologi Informasi / Internet. Dan juga kami akan memfasilitasi hubungan dengan Konsumen atau Buyer setelah Pasca Pameran, karena sering sehabis Pameran mereka tidak bisa menghubungi UKM karena kendala Sarana Komunikasi dan Informasi.
Ayo kawan-kawan tolong kasi apresiasi ..... , masukannya amat kami perlukan, karena hal ini merupakan konsep baru bagi Tim Sanggar Telematika selaku Penggagas dari Koperasi OnLine ini ..!!!!

NB :
Setelah masukan-masukan dari Teman, Sahabat, Kolega yang punya Visi dan Pemikiran Idealisme yang sama mudah-mudahan kita nanti bisa wujudkan bersama secara OnLine. Thanks.

1 komentar:

forum desa tiga membangun mengatakan...

bagus......ide sangat bagus, kebetulan koperasi kami baru satu tahun menerapkan teknologi informasi dan apa yang menjadi image koperasi di masyarakat selama ini kurang lebihnya seperti yang anda sampaikan tapi banyak juga koperasi yang bagus dan betul-betul memberikan kontribusi positif dalam mendorong pertumbuhan perekonomian masyarakat salah satu contoh koperasi yang kami kelola sampai saat ini telah memiliki asset sebesar 5 milyar